Laman

well come My Blog

selamat datang

Selamat Berkunjung di Blog ini Di dedikasikan Untuk yang Mencintai Kebudayaan

Senin, 12 November 2012

Batu Jung, Way Hawang Kaur


Kabupaten Kaur merupakan daerah pesisir terluas yang berada di provinsi Bengkulu, daerah pesisir tersebut tentunya menjadikan masyarakat kaur sebagaian besar menggantungkan mata pencaharinnya dengan kehidupan laut sebagai nelayan. sangat disayangkan keindahan pesisir pantai yang ada di kaur tidak dikondisikan dengan baik. Salah satu kekayaan tersebut adalah keindahan pantai, salah satu pantai yang indah yaitu pantai way hawang.

Pantai Way Hawang memiliki cirri khas tersendiri dari segi historis ternyata pantai panjang memiliki cerita, namun cerita ini masih sebatas mitologi yang di tersebar diantara masyarakat sekitar wilayah pantai tersebut. Pantai ini memiliki bangunan yang menyerupai kapal yang disebut batu jung. 





Batu Jung menurut mitologi dahulunya adalah sebuah kapal saudagar yang sedang berlayar di perairan Kaur, pada sewaktu ketika merapat ke pantai wayhawang karena ada keperluan setibanya dipantai dan henda melanjutkan perjalanan kembali Serunting Sakti bergelar sipahit lidah ingin menumpang kapal tersebut ikut berlayar, namun secarah mentah – mentah ditolak oleh penumpang dan nahkoda kapal. 

Merasa sakit hati serunting sakti kemudian menyumpah kapal tersebut menjadi batu, ketika hendak berlayar ditengah – tengah peraian laut Way Hawang maka serta merta kapal tersebut berubah menjadi batu yang kini dikenal dengan batu Jung dan penumpang kapal berubah menjadi hewan – hewan yang saat ini masih berkeliaran didalam batu tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar